Harga kakao capai tertinggi 4,5 tahun

LONDON (Bloomberg): Harga kakao menguat selama dua sesi berturut-turut ke level tertinggi dalam 4,5 tahun lebih, di tengah spekulasi pasok dari Afrika Barat akan merosot.

Pantai Gading dan Ghana, yang memberikan kontribusi pasok kakao dunia sekitar 70%, tengah mengalami kekeringan dan cuaca yang lebih panas dari biasanya, demikian menurut Meteorlogix LLC. Areal pertanaman kakao membutuhkan hujan untuk mencegah kerusakan terhadap pertumbuhan pertanaman berikutnya.

Posisi stok kakao di AS yang dimonitor oleh ICE Futures U.S. anjlok 1,2% menjadi 3,11 juta karung dari 22 Januari ke 28 Januari.

Harga kakao untuk pengiriman Maret menguat 22 pounds atau 1,9% menjadi 1.175 pounds (US$2.334) per metrik ton di bursa Liffe, yang merupakan level harga tertinggi dibandingkan dengan harga penutupan sejak 12 Mei 2003.

Kedatangan kakao di pelabuhan Abidjan dan San Pedro dari para petani di negara itu diperkirakan sebanyak 30.000 metrik ton pada pekan yang berakhir 27 Januari lalu, atau naik dibandingkan dengan 25.000 ton setahun sebelumnya, kata para eksportir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: