Penguatan poundsterling angkat harga kakao

CHICAGO (Bloomberg): Harga kakao menguat di tengah spekulasi melemahnya dolar AS akan mendongkrak permintaan pada perdagangan berjangka di New York.

Mata uang poundsterling Inggris menguat terhadap dolar AS memasuki sesi ketiga dalam satu putaran pada Senin, hingga mencapai level tertinggi sejak 2 Januari.

Kakao diperdagangkan dengan mata uang Inggris di London dan beberapa pasar spot di Pantai Gading. Poundsterling menguat 1,4% pada pekan lalu sementara harga kakao naik 3,3%.

Harga kakao untuk pengiriman Maret naik US$1 atau 0,1% menjadi hampir US$2.213 per metrik ton di ICE Futures Amerika Serikat, yang dulu bernama New York Board of Trade. Harga sebelumnya menyentuh level US$2.218, yang merupkan level harga tertinggi untuk kontrak paling aktif sejak 15 Januari.

Harga kakao melonjak 24% pada 2007, sementara poundsterling menguat 1,3%.

Pasar berjangka hari ini juga kemungkinan menguat di tengah spekulasi ketegangan buruh di Pantai Gading (produsen kakao terbesar) akan menghambat ekspor.

Para buruh di Pantai Gading telah melakukan beberapa kali aksi belakangan ini. Di Coffee & Cocoa Exchange, yang mendaftarkan biji kakao untuk ekspor, para pekerja menunda pemogokannya terkait masalah bonus pada 21 Januari lalu setelah menerima sebagian pembayaran. Sebelumnya, mereka mogok kerja selama lima hari hingga 3 Januari, menghentikan ekspor biji kakao dan selama empat hari hingga 14 Desember 2007 berupaya memperoleh kenaikan upah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: