KULTUR JARINGAN

Belakangan ini istilah bibit tanaman kehutanan sangat populer. Kepopuleran istilah ini sangat erat kaitannya dengan program prioritas Departemen Kehutanan khususnya mengenai “Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan” (GERHAN).

Bibit sendiri mempunyai pengertian anakan yang berasal dari bahan generatif maupun vegetatif yang siap ditanam di lapangan. Besarnya kebutuhan bibit ini seringkali tidak dapat dipenuhi dengan hanya menggantungkan pada perbanyakan tanaman secara generatif karena adanya keterbatasan-keterbatasan, antara lain musim berbuah yang terbatas waktunya, sifat-sifat keturunannya yang variatif, membutuhkan tempat yang luas, dan keterbatasan jumlah benih yang dihasilkan. Untuk itu maka diperlukan adanya alternatif perbanyakan tanaman sehingga kebutuhan bibit dapat terpenuhi.

Kultur jaringan merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif. Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun, mata tunas, serta menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan secara aseptik yang kaya nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah tertutup yang tembus cahaya sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri dan bergenerasi menjadi tanaman lengkap. Prinsip utama dari teknik kultur jaringan adalah perbayakan tanaman dengan menggunakan bagian vegetatif tanaman menggunakan media buatan yang dilakukan di tempat steril.

Metode kultur jaringan dikembangkan untuk membantu memperbanyak tanaman, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif. Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mempunyai sifat yang identik dengan induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional.

Tahapan yang dilakukan dalam perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan adalah:
1) Pembuatan media
2) Inisiasi
3) Sterilisasi
4) Multiplikasi
5) Pengakaran
6) Aklimatisasi

Media merupakan faktor penentu dalam perbanyakan dengan kultur jaringan. Komposisi media yang digunakan tergantung dengan jenis tanaman yang akan diperbanyak. Media yang digunakan biasanya terdiri dari garam mineral, vitamin, dan hormon. Selain itu, diperlukan juga bahan tambahan seperti agar, gula, dan lain-lain. Zat pengatur tumbuh (hormon) yang ditambahkan juga bervariasi, baik jenisnya maupun jumlahnya, tergantung dengan tujuan dari kultur jaringan yang dilakukan. Media yang sudah jadi ditempatkan pada tabung reaksi atau botol-botol kaca. Media yang digunakan juga harus disterilkan dengan cara memanaskannya dengan autoklaf.

Inisiasi adalah pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan dikulturkan. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk kegiatan kultur jaringan adalah tunas.

Sterilisasi adalah bahwa segala kegiatan dalam kultur jaringan harus dilakukan di tempat yang steril, yaitu di laminar flow dan menggunakan alat-alat yang juga steril. Sterilisasi juga dilakukan terhadap peralatan, yaitu menggunakan etanol yang disemprotkan secara merata pada peralatan yang digunakan. Teknisi yang melakukan kultur jaringan juga harus steril.

Multiplikasi adalah kegiatan memperbanyak calon tanaman dengan menanam eksplan pada media. Kegiatan ini dilakukan di laminar flow untuk menghindari adanya kontaminasi yang menyebabkan gagalnya pertumbuhan eksplan. Tabung reaksi yang telah ditanami ekplan diletakkan pada rak-rak dan ditempatkan di tempat yang steril dengan suhu kamar.

Pengakaran adalah fase dimana eksplan akan menunjukkan adanya pertumbuhan akar yang menandai bahwa proses kultur jaringan yang dilakukan mulai berjalan dengan baik. Pengamatan dilakukan setiap hari untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan akar serta untuk melihat adanya kontaminasi oleh bakteri ataupun jamur. Eksplan yang terkontaminasi akan menunjukkan gejala seperti berwarna putih atau biru (disebabkan jamur) atau busuk (disebabkan bakteri).

Aklimatisasi adalah kegiatan memindahkan eksplan keluar dari ruangan aseptic ke bedeng. Pemindahan dilakukan secara hati-hati dan bertahap, yaitu dengan memberikan sungkup. Sungkup digunakan untuk melindungi bibit dari udara luar dan serangan hama penyakit karena bibit hasil kultur jaringan sangat rentan terhadap serangan hama penyakit dan udara luar. Setelah bibit mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya maka secara bertahap sungkup dilepaskan dan pemeliharaan bibit dilakukan dengan cara yang sama dengan pemeliharaan bibit generatif.

Keunggulan inilah yang menarik bagi produsen bibit untuk mulai mengembangkan usaha kultur jaringan ini. Saat ini sudah terdapat beberapa tanaman kehutanan yang dikembangbiakkan dengan teknik kultur jaringan, antara lain adalah: jati, sengon, akasia, dll.

Bibit hasil kultur jaringan yang ditanam di beberapa areal menunjukkan pertumbuhan yang baik, bahkan jati hasil kultur jaringan yang sering disebut dengan jati emas dapat dipanen dalam jangka waktu yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan tanaman jati yang berasal dari benih generatif, terlepas dari kualitas kayunya yang belum teruji di Indonesia. Hal ini sangat menguntungkan pengusaha karena akan memperoleh hasil yang lebih cepat. Selain itu, dengan adanya pertumbuhan tanaman yang lebih cepat maka lahan-lahan yang kosong dapat cepat kembali menghijau dan harapan GNRHL dapat tercapai. [IIN]

Home | Order | Member Area | Contact Us

bisnis internet, bisnis online, peluang usaha

Jutaan Bahkan Puluhan Juta Rupiah Perbulan Sudah Mereka Dapatkan

Hanya Dengan 1 Langkah Cerdik

Dibawah Ini Merupakan Bukti Kecil Dari Hasil Menjalankan Bisnis

Di Internet Bersama Kami Hanya Dalam Beberapa Hari!

KURANG DARI 2 BULAN SAYA BISA MENDAPATKAN RP.11.800.000,-

Saya salut dengan system yang diberikan oleh Smart Machine System. Saya termasuk gaptek soal internet, apalagi soal website. Namun dengan system yang teramat mudah tersebut mampu memberikan penghasilan tambahan buat saya dalam waktu singkat. Saya hanya tinggal memasukan data-data saya termasuk nomor rekening saya, dan system tersebut benar-benar bekerja untuk saya. Hebat…rekening saya terus terisi rupiah setiap harinya. Dan kurang dari 2 bulan saya bisa mendapatkan Rp.11.800.000.

Dan untuk menjalankan alat ini saya TIDAK perlu membuat website, apalagi membelinya.

Saya hanya menggunakan system yang diberikan Smart Machine System.

Prosesnya hanya membutuhkan waktu 1 jam saja, dan sytemnya langsung bekerja.

Kurang dari 1 bulan, saya bisa mendapatkan 2 jutaan rupiah dalam setiap harinya.

(Agus W, Magelang)

Rp. 26.000.000 DALAM 1 BULAN!

Perkenalkan nama saya Anita Wulandari 27 tahun, seorang ibu rumah tangga dengan 1 putra (testi ini atas permintaan pemilik situs ini sendiri), saya menjadi member Smart Machine System sejak bulan juli 2008. Awalnya saya hanya iseng mengikuti program seperti ginian, karena saya tertarik dengan hasil rekening yang diperlihatkan pada halaman depan situs ini. Namun setelah saya praktekan, betapa kagetnya saya, karena baru selang 3 hari saya praktekan tabungan saya terisi transferan uang dari orang yang tidak saya kenal sebesar 100 ribuan, dalam hati saya pikir, ini enggak mungkin…, tapi pada kenyataannya ternyata beneran🙂 dan sampai sekarang masih berlanjut. Terimakasih Smart Machine System atas systemnya. Nita, Peterongan Semarang” Berikut bukti rekeningnya.

Member kami tersebut terdaftar sejak bulan juli 2008. Dan siapa sangka selang dalam 1 bulan lebih system yang beliau terapkan dapat berjalan secara cepat, dan sudah berhasil mengumpulan uang sebesar Rp. 26 juta

PENGHASILAN SAYA SEKARANG 8-13 JUTA SETIAP BULAN

Salam,
Nama saya Agam Maulana. Saya seorang wiraswasta/penjual voucher pulsa keci-kecilan di Jogjakarta. Saya mengikuti bisnis seperti ini di internet sudah 5 bulan. Sebenarnya saya membeli software/system ini hanya untuk iseng-iseng saja (ikut-ikutan teman)

Awalnya saya tidak mengerti apa-apa tentang system kerja alat ini. namun setelah saya ikut jadi membernya, saya mendapatkan sebuah alat beserta panduannya. Selang 2 minggu alat ini baru saya praktekan karena kesibukan saya.

Akhirnya selang 2 hari setelah saya praktekan, saya membuka email saya di warnet, dan saya mendapat 1 email dan bacanya ternyata ada seseorang yang telah mentransfer sejumlah uang ke rekening saya (waktu itu hanya 400.353 rupiah saja).

Kaget banget saya membaca, karena saya sungguh tidak mengira alat ini benar-benar bisa berjalan begitu cepatnya.

Oh ya, penghasilan saya saat ini sudah mencapai 8-13 juta per bulan. Sekarang saya sudah punya counter HP sendiri di daerah Bantul Jogja.

Terimakasih dan sukses selalu buat Smart Machine System

Agam Maulana, Bantul Jogjakarta

http://www.alat-bisnis.com adalah sebuah komunitas bisnis internet di Indonesia yang sedang berkembang dengan CEPAT dalam membangun kesejahteraan dan kesuksesan bagi para membernya.

http://www.alat-bisnis.com bukan merupakan bisnis MLM, bukan merupakan skema pyramid, bukan skema kaya mendadak, bukan money game, bukan arisan berantai atau sejenisnya, bukan program forex. Dan Smart Machine System bukan merupakan toko online yang menjual E-book atau sejenisnya. Namun http://www.alat-bisnis.com merupakan sebuah sarana yang memberikan akses kepada setiap orang untuk dapat mengikuti sebuah bisnis online dengan cara yang sangat simple, mudah, dan cepat tanpa harus membuat E-book atau membeli sebuah website, blog dan sejenisnya. System yang kami berikan bersifat Plug n Play atau dengan kata lain, system ini berjalan secara otomatis. Anda pasang softwarenya dan system ini bekerja untuk anda secara otomatis 24 jam nonstop.

Tahukah Anda Sudah Banyak Orang Yang Telah Sukses Menjadi Jutawan Hanya Dengan Mengandalkan Bisnis Internet?

Banyak sekali cara untuk menjadi jutawan hanya dengan mengikuti bisnis di internet. Namun seberapa cepatkah bisnis yang mereka geluti bisa menghasilkan jutaan rupiah dalam waktu singkat?

Jika anda mengikuti sebuah bisnis internet hanya untuk menjadi reseller, atau membuat e-book, atau harus membuat website, dan parahnya lagi harus membeli website, maka berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mewujudkan bisnis anda di internet?

Berapa biaya yang anda butuhkan untuk mempersiapkan semua itu?

Belum tentu juga hasilnya dapat berjalan dengan baik (trial error). Semua itu akan menyita waktu dan akan membuat anda putus asa dan akhirnya andapun akan mulai meninggalkan ladang uang yang seharusnya bisa anda tuai.

Namun saya yakin anda tidak mengharapkan semua itu terjadi, jika orang lain bisa, maka andapun pasti juga bisa! Kuncinya BUKAN pada kepandaian, namun pada niat dan tekad untuk mau berhasil serta strategi yang anda terapkan dalam menjalankan bisnis internet.

Kami mengajak anda untuk mau maju dan berhasil bersama kami dengan menerapkan sebuah system ampuh yang sudah teruji mampu menghasilkan uang jutaan rupiah dengan:

*

TIDAK perlu membuat website atau blog.
*

TIDAK perlu membuat E-book dan sejenisnya.
*

TIDAK perlu menunggu waktu yang lama untuk menghasilkan uang melalui internet.
*

Kami membuka kesempatan bagi anda untuk mengetahui system kami dalam menghasilkan uang jutan rupiah kurang dari 1 bulan.
*

Jika anda serius silahkan lanjutkan membaca ulasan dari kami sampai selesai.

Pernahkah anda membayangkan bagaimana enaknya hidup serba berkecukupan, tanpa kerja, tanpa terikat oleh siapapun, dengan penghasilan yang cukup besar sekitar 30-50 juta perbulan? Atau setidaknya 1-2 juta perhari?

Jangan cuma mimpi, tapi WUJUDKAN angan-angan itu sekarang juga! Tidak sulit menjalankan bisnis internet asal anda tahu apa yang harus anda terapkan dalam memulai bisnis anda.

Sebuah harapan baru telah hadir bagi anda yang ingin memperbaiki taraf hidup menjadi lebih baik. System kami telah banyak mengubah hidup orang lain sampai detik ini. Dan mereka yang haus akan kehidupan yang layak akan semakin bertambah pula. Untuk itulah kami dengan penuh kerendahan hati memberikan sebuah solusi yang sangat mudah untuk mewujudkan semuanya itu.

Sebuah system yang bekerja untuk menghasilkan uang melalui internet secara otomatis dengan cara tercepat dan termudah dengan :

ANDA TIDAK PERLU MEMBUAT / MEMBELI WEBSITE/BLOG

ANDA TIDAK PERLU MEMBUAT E-BOOK DAN SEJENISNYA

Dan SMART MACHINE SYSTEM :

BUKAN BISNIS MLM

BUKAN MONEY GAME

BUKAN PROGRAM FOREX

BUKAN PROGRAM RESELLER

BUKAN SKEMA KAYA MENDADAK

BUKAN MERUPAKAN SKEMA PYRAMID

BUKAN ARISAN BERANTAI ATAU SEJENISNYA

BUKAN MERUPAKAN E-BOOK DAN SEJENISNYA

BUKAN PAY PER CLICK (klik iklan) ATAU SEJENISNYA

Namun SMART MACHINE SYSTEM merupakan :

SEBUAH SYSTEM ATAU ALAT YANG DAPAT LANGSUNG DIPAKAI HANYA DALAM WAKTU SINGKAT UNTUK MENGHASILKAN UANG MELALUI JARINGAN INTERNET SECARA OTOMATIS

Bagaimana cara kerja dari system ini?

Akan kami jelaskan secara singkat:

Darimana asal uang jutaan rupiah tersebut?

Anda harus tahu bahwa uang yang akan anda dapatkan hingga jutaan rupiah adalah uang dari rekening orang-orang yang mentransfer sejumlah uang ke rekening anda.

Mengapa mereka mau mentransfer uang ke rekening anda?

Itulah hebatnya system kami. System yang kami gunakan bekerja secara otomatis tanpa dibatasi oleh waktu (24 jam). Dan andapun hanya tinggal duduk dan melihat rupiah demi rupiah masuk dalam rekening anda.

Lalu bagaimana semua itu bisa bekerja?

Mereka tidak bekerja sendiri, tetapi mereka menggunakan sebuah system yang telah kami ciptakan untuk mendapatkan income secara otomatis dan terus menerus. Jadi system kamilah yang bekerja secara otomatis di internet. Anda tidak perlu mengetik, tidak perlu membuat website, untuk menjalankan system ini, namun anda hanya tinggal melakukan beberapa setingan saja dan….system anda bekerja untuk anda.

System seperti apa yang bisa bekerja secara otomatis seperti itu?

System kami berupa perangkat lunak yang bernama Smart Machine System. System kerjanya bersifat Plug n Play, anda hanya tinggal melakukan beberapa setingan, dan itupun bisa dilakukan langsung melalui internet dan system bisa langsung bekerja. System inilah yang sebagian besar mereka pakai untuk menjalankan bisnis internet sampai saat ini.

Apakah saya harus membuat WEBSITE atau produk semacam E-BOOK?

TIDAK! anda tidak perlu membuat sebuah website atau produk informasi berupa e-book seperti pada bisnis internet pada umumnya. Dan yang harus tahu bahwa system kami BUKAN berupa E-BOOK! Kami TIDAK menjual E-book dalam menjalankan bisnis internet. Namun system kami berupa software yang bekerja secara otomatis!

Bagaimana saya bisa memulainya?

Untuk bisa memulainya, anda harus mempunyai sebuah Smart Machine System milik anda sendiri. Karena system inilah yang akan bekerja untuk anda. Selanjutnya anda tinggal menjalankanya di internet tanpa harus pusing-pusing membuat website lagi ataupun hal lainnya.

Bagaimana cara saya bisa mendapatkan Smart Machine System ini?

Anda bisa mendapatkan Smart Machine System melalui Form Order dengan harga hanya Rp.95.000 Anda akan tetap menjadi member kami seumur hidup sehingga tetap bisa mendapatkan update mesin terbaru dari system kami.

Sudah banyak sekali System kami yang di pakai untuk meraup uang di internet dalam waktu singkat! dan jumlahnya hampir mencapai RIBUAN member.

Tunggu apalagi?….Segera miliki Bisnis Internet milik anda sendiri dan raih keuntungan yang tidak terbatas…

Untuk pemesanan silahkan isi formulir pemesanan pada Form ORDER sekarang juga.

Gambaran umum system kerja alat kami:

Sangat simpel sekali untuk menjalankan alat ini. Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana membuat website, bagaimana membuat E-book dan lain-lain. Yang anda lakukan hanyalah memasukan data-data anda (nama dan nomor rekening anda). Setelah itu anda tinggal menunggu saja rupiah demi rupiah masuk ke rekening anda. Smart Machine System anda yang akan menarik uang dari user-user tersebut, sehingga anda tidak perlu turun tangan sama sekali. Dan semua bisa dilakukan langsung melalui jaringan internet di warnet maupun dirumah anda sendiri. Segera miliki alat dahsyat ini dan segera wujudkan impian anda.

KETERANGAN : Produk ini BUKANLAH E-Book! Namun sebuah software/alat yang dapat digunakan langsung pada jaringan internet anda. Anda dapat memesannya melalui Form Order dengan harga hanya Rp.95.000

Cara Pemakaian :

1.

Silahkan anda download softwarenya pada halaman member menggunakan Username dan Password anda. Jika anda belum terdaftar silahkan daftar terlebih dahulu melalui Form Order.
2.

Silahkan baca panduannya dan mulailah terapkan melalui internet anda. Bisa melalui warnet maupun jaringan internet dirumah anda sendiri.
3.

Silahkan masukkan data-data anda termasuk Nama anda dan Nomor Rekening anda. Nomor rekening akan digunakan untuk melakukan transfer ke rekening bank anda.
4.

Silahkan cek rekening anda setiap hari, dan jangan lupa selalu print out kan ke bank anda sendiri, karena dijamin anda akan selalu ganti buku tabungan anda karena mulai penuh dengan nilai transferan yang tak kunjung henti. Untuk melakukan cek uang yang masuk anda bisa juga melihatnya melalui alat ini.

Bagaimana?

Mudah bukan?

Tanpa membuat E-book…

Tanpa membuat Website/Blog…

Hanya mengatur beberapa settingan…

Dan uang akan datang dengan sendirinya…

Itulah hebatnya dari alat Smart Machine System…

JIKA INI ADALAH IMPIAN ANDA

Mungkin anda mengira saya seorang sarjana informatika yang pintar membuat website bisnis online yang dapat menarik uang secara otomatis melalui internet. Anda salah besar! SAYA BUKAN SEORANG SARJANA, saya hanya lulusan D1 managemen informatika yang ijasahnya tidak diakui dimana-mana untuk mencari kerja (disetarakan SMA). Saya memakai sebuah alat pengumpul uang otomatis atas dasar ingin membuktikan bahwa kekayaan bukan hanya milik seorang pejabat, pengusaha, ataupun seorang yang berpendidikan tinggi. Namun dari seorang yang berpendidikan rendah pun bisa meraih keberhasilan dan kekayaan hanya dengan modal kecil. Dengan berbagai pertimbangan yang cukup rumit akhirnya saya mencoba menerapkan sebuah alat (Smart Machine System) yang dapat menghasilkan uang secara singkat TANPA harus membuat website atau membelinya. Smart Mechine System TIDAK mengajarkan bagaimana membuat E-book, Namun memberikan sebuah alat/software yang bisa langsung dipakai untuk menghasilkan uang di internet. Cara pemakaiannya pun sangat mudah dan cepat sekali. Anda hanya perlu melakukan beberapa setingan untuk memasukan nama anda, nomor rekening anda (untuk transfer ke rekening bank anda), dan Hebatnya lagi system tersebut 100% jadi milik anda sendiri tanpa ada campur tangan dari siapapun. Jadi besarnya penghasilan 100% jadi milik anda sendiri. Jika anda tertarik ingin membuktikan alat ini, anda dapat memesannya melalui Form Order dengan harga hanya Rp.95.000

Setiap ada kesempatan atau peluang yang baik, saya TIDAK pernah menghindarinya meskipun hanya sekali, namun selalu saya coba dan berusaha untuk menjadi satu bagian dari kesempatan atau peluang yang baik itu. Wahyu

SEORANG IBU RUMAH TANGGA BERHASIL MERAIH Rp. 2.200.000 PERHARINYA

Salam sejahtera, perkenalkan saya Santi (26). Saya hidup dengan keadaan ekonomi yang bisa dikatakan cukupan. Namun sejak suami saya terkena perampingan karyawan, keadaan ekonomi kami menjadi semakin pas-pasan. Kami jalani keadaan ini sampai 3 tahun. Sampai akhirnya saya diberitahu seorang teman yang memperkenalkan dunia internet kepada saya (padahal saya gaptek soal internet) saya diberikan sebuah buku rekening miliknya yang jumlah saldonya cukup besar. Saya menjadi heran dan bertanya-tanya bagaimana bisa mendapatkan uang sebanyak itu? akhirnya saya mengetahui bahwa teman saya tersebut mengikuti sebuah bisnis di internet yang system atau cara kerjanya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Sejak itu saya mendaftar dan mulai menerapkan system yang diberikan oleh Smart Machine System dan sejak itu pula keadaan ekonomi kami berangsur-angsur pulih kembali. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada pemilik Smart Machine System yang telah membuat sebuah alat yang sangat hebat ini. Santi, Surabaya Jawa timur.

Sudah ratusan bahkan ribuan member yang kami bantu menjadi orang-orang sukses hanya dengan menerapkan system yang kami berikan. Begitu banyaknya testimonial yang mereka kirimkan kepada kami namun kami tidak dapat menampilkan semuanya, hanya beberapa testimonial saja yang dapat kami tampilkan dalam situs kami ini.

Apa Tanggapan Mereka?..

Saya sudah mencobanya, dan memang benar semua mudah saya kerjakan. sekarang saya lagi menikmati aliran rupiah ke rekening saya, makasih bgt. Irwan, bulaksumur Mojokerto

Kapan ya saya bisa ngumpulin ampe 200juta… udah 4 bulan baru dapet 36.766.354 doang, hehe… Andang, tegowangu Purbolinggo

Terimakasih buat , hidup saya sekarang jadi lebih baik🙂 sukses selalu buat Smart Machine System. Yulina, karangkates, Brebes

Sukses neh menerapkan systemnya, thank’s Agung, Palembang

Awalnya saya mengira situs ini sama saja dengan situs lainnya, tapi ternyata beda abis…. gampang banget memakainya n benar-benar menghasilkan. Rugi kalo ga nyoba. Bagus, salemba jakarta

Thank’s bt dan temenku Sulis yang udah mengenalkan alat ini pada saya, sekarang saya ga perlu repot-repot jual koran bekas lagi. Bojes, Magelang

2 bulan saya bingung milih bisnis internet yang pasti, namun akhirnya saya mencoba mengikuti Smart Machine System yang system kerjanya tidak perlu membuat website segala, akhirnya 2 bulan ini saya bisa ngumpulin kurang lebih 13 juta. Budiono, Bogor

Terimakasih, saya sudah mulai menghasilkan 800 ribu perhari. Dian, Jogja

Alatnya benar-benar mudah digunakan dan memang cepat menghasilkan uang. Tapi kelemahannya kita masih harus selalu cek rekening kita di bank, jadi selalu bolak-balik. Tapi lumayanlah buat nabung beli sepeda motor baru udah bisa. Matursuwun. Puger D, Wates, DIY.

Ini baru namanya alat hebat, tinggal memakainya saja, tanpa harus buat apa-apa seperti bisnis internet lainnya, saya baru menerapkan systemnya nih, smg aja bisa berhasil seperti lainnya. Arifin, purwodadi Grobogan.

Waduh, susah ceritainnya.. yang penting saya sudah dapet 4 juta dalam sebulan, hehe… hebat. none name, Jateng.

Alatnya kok mirip xxxxxx ya… tapi SMS ini lebih berkembang dan lebih modern, dan hasilnya juga lebih banyak. thank’s n sukses selalu untuk semua. Agus, jombang Jawatimur.

saya baru jadi member baru nih, mohon arahannya ya… semoga cepat kaya seperti yang lainnya🙂. Puryanto, Medan.

Lumayan……..Rp.900.793 dalam sehari…. Hardian, Malang Jawatimur.

SPECIAL HOT BONUS !!!

KHUSUS ORDER DI WWW.ALAT-BISNIS.COM

Dapatkan Gratis Pemakaian Software Pemasang Iklan ke 280+ Situs Iklan Baris selama 1 bulan penuh senilai Rp.30.000 dari http://www.pemasangiklan.com untuk setiap order Software Smart Machine System di http://www.alat-bisnis.com

Screenshot Software Pemasang Iklan v2.5

pemasang

“ANDA TIDAK AKAN MENEMUKAN PENAWARAN SEBAIK INI DI WEBSITE LAINNYA!”

(Detail dan cara mendapatkan bonus akan dijelaskan di member area setelah anda melakukan pembayaran software Smart Machine System kami)

Jangan menunda kesempatan yang ada didepan mata, bertindaklah dan tunai ladang uang yang ada didepan mata anda sekarang juga.

Setiap kali kami melakukan update, kami akan mengirimkan email pemberitahuan kepada seluruh member. Member boleh melakukan download ulang gratis untuk mendapatkan update terbaru dari kami! Anda tidak perlu membeli ulang produk ini. Hanya dengan sekali bayar, anda akan mendapatkan keanggotaan yang berlaku untuk seumur hidup.

Garansi Uang Kembali Selama 12 Bulan!

Produk “Smart Machine System” yang anda beli memiliki garansi selama 12 bulan terhitung sejak ID anda saya aktifkan. Dengan keberadaan program garansi uang kembali ini, anda tidak memiliki resiko kehilangan uang. Yang anda dapatkan adalah peluang untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam waktu singkat!

TERMS OF SERVICE

PRODUK INI KAMI BUAT APA ADANYA SEPERTI YANG SUDAH BERJALAN SAMPAI SEKARANG INI. MESKIPUN PRODUK INI MEMPUNYAI KEMAMPUAN UNTUK MENGHASILKAN ‘INCOME’, NAMUN TIDAK ADA JAMINAN BAHWA ANDA AKAN MENDAPATKAN UANG DALAM JUMLAH YANG SAMA DENGAN MEMBER LAIN YANG KAMI MUAT DISINI.

TINGKAT KESUKSESAN ANDA KETIKA MEMAKAI PRODUK INI TERGANTUNG DARI ANDA SENDIRI, TERGANTUNG WAKTU YANG ANDA BERIKAN UNTUK MENJALANKAN PROGRAM INI, DAN TEKNIK YANG AKAN ANDA TERAPKAN KETIKA MENJALANKAN PRODUK INI. KARENA ADANYA FAKTOR-FAKTOR YANG BERBEDA PADA SETIAP INDIVIDU INILAH, KAMI TIDAK DAPAT MENJAMIN TINGKAT BESARNYA PENDAPATAN ANDA. KAMI JUGA TIDAK BERTANGGUNG-JAWAB TERHADAP TINDAKAN APAPUN DARI ANDA.

PERJANJIAN DALAM SURAT PENJUALAN INI KAMI TUJUKAN UNTUK MENJELASKAN PENDAPAT KAMI TERDAHAP POTENSI PENDAPATAN TIAP MEMBER.

Pendaftaran :

M.Ali.Hardityan.F
http://www.alat-bisnis.com
HP: 0852.8222.1992(SMS ONLY)
Email:admin@alat-bisnis.com
Untuk pendaftaran online bisa langsung melalui Form Order

Home | Order | Member Area | Contact Us

SULSEL KEHILANGAN DEVISA KAKAO RP1,5 TRILIUN PERT TAHUN

Makassar, 14/5/2009 (Kominfo Newsroom) � Sulawesi Selatan kehilangan (loss) devisa sebesar US$150 juta atau setara Rp1,56 triliun per tahun dari ekspor kakao nonfermentasi, karena dengan penjualan jenis ini maka terhadap kakao Sulsel dikenakan pemotongan harga di pasar New York dan London.

�Kakao kita tidak difermentasi sehingga ada pemotongan harga hingga US$300 per ton,� kata Ketua Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) Sulawesi-Selatan, Saleh Rahim MBA dalam penjelasannya di Makassar, Kamis (14/5).

Ekspor biji kakao Sulawesi Selatan rata-rata tercatat sekitar 500.000 ton per tahun, artinya ada klehilangan (loss) devisa sekitar US$150 juta setiap tahun, dengan perhitungan kurs Rp10.400 per dolar AS.

Saleh yang juga Sekjen DPP AIKI mengatakan, untuk mendongkrak mutu kakao Sulawesi Selatan, maka cara paling efektif yang harus dilakukan adalah penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan secara tegas kepada setiap eksportir.

�Kalau langkah ini dilakukan, maka kualitas kakao kita akan diperhitungkan pasar New York dan London,� katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa rendahnya kualitas produksi kakao Sulsel juga akibat perilaku para trader yang tidak melakukan edukasi kepada para petani kakao mengenai manfaat fermentasi.

�Biji kakao fermentasi dan non fermentasi dinilai sama sehingga petani enggan melakukan fermentasi,� ungkapnya.

Padahal di pasaran, antara kakao fermentasi dan non fermentasi terdapat selisih harga sekitar Rp1.000 per kilogram.�Ini hanya bisa diubah dengan menerapkan secara tegas SNI kepada para eksportir kita, karena tidak tegasnya penerapan SNI akan menjadikan kualitas biji kakao Sulsel sulit ditingkatkan,� katanya .(mery/toeb)

tugas K3

Pesawat Mandala Airlines Boeing 737 Jatuh di Medan, Sumatra, Indonesia
Ringkasan Terjadinya Kecelakaan

Read in English
Tanggal 5 September 2005, pesawat Mandala Airlines Boeing 737-200 terjatuh segera setelah tinggal landas di Bandara di Medan, sebuah kota di kawasan timur laut Sumatra. Pesawat penumpang jet milik Indonesia ini sedang menuju Jakarta di tengah cuaca mendung saat menghantam sebuah kawasan yang padat penduduknya beberapa saat setelah mengalami tinggal landas yang penuh goncangan pada hari Senin, dan akhirnya meledak hingga menelan korban jiwa sebanyak 147 orang, termasuk orang-orang yang ada di daratan. Pesawat tersebut mengangkut penumpang 116 orang dan kru, dan dilaporkan bahwa 15 orang selamat dari bencana itu.
Kecelakaan pesawat Mandala Airlines ini adalah yang ke enam kalinya untuk musibah kecelakaan pesawat milik maskapai penerbangan besar di sepanjang bulan Agustus, bulan yang paling membawa maut bagi musibah kecelakaan pesawat sejak Mei 2002. Bulan April lalu, 334 orang tewas dalam kecelakaan di Peru, Venezuela, Yunani dan Tunisia. Sebuah pesawat Air France juga terbang terlalu jauh melintasi landasan di Toronto dan terbakar, tapi tidak ada korban jiwa.

Sanak keluarga korban yang tewas dalam kecelakaan pesawat Mandala Airlines dipersilakan mengunjungi untuk mengetahui lebih jauh tentang hak-hak hukum mereka. Dengan senang hati kami akan menjawab pertanyaan Anda tanpa biaya dan tanpa kewajiban.
Penyelidikan Mengenai Kecelakaan (Sampai tanggal 7 September 2005)
Para penyelidik menyatakan bahwa mungkin penyebab jatuhnya pesawat Mandala Airlines Boeing 737-200 adalah karena mesinnya mati, setelah menemukan adanya kerusakan pada kipas dalam puing-puing pesawat itu. “Kami mendapati bahwa kipas di mesin dalam keadaan rusak. Kami pun mendapati bahwa ada tiga baut yang kendur di sirip dan sayap pesawat,” kata Setio Raharjo, yang memimpin tim penyelidik dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Namun Raharjo menyatakan pada para wartawan bahwa masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan. Dia juga memperingatkan bahwa perlu waktu untuk menganalisa ‘kotak hitam’ pesawat.
Hak-hak Hukum Para Keluarga Korban Kecelakaan Pesawat Udara
Kami menyadari, ini adalah saat yang amat menyakitkan dan penuh duka cita bagi pasangan, anak-anak dan sanak keluarga para penumpang dan kru yang tewas akibat jatuhnya pesawat Mandala Airlines. Seiring berlalunya waktu, mungkin Anda memiliki pertanyaan mengenai bagaimana dan mengapa kecelakaan itu sampai terjadi, hak-hak hukum Anda, kompensasi yang tersedia bagi Anda, dan tugas-tugas serta tanggung jawab hukum operator dan pabrik pesawat tersebut.
Hubungi Lieff Global
Para penumpang yang mengalami luka-luka dan keluarga korban tewas dalam kecelakaan ini dipersilakan menghubungi Lieff Global untuk mengetahui lebih jauh tentang hak-hak hukum mereka tanpa ada biaya atau kewajiban apapun. Harap klik http://www.globalaviationlaw.com/contact.htm. Atau Anda juga bisa menelepon kami di nomor bebas pulsa 1-800-541-7358.
Mengenai Lieff Global
Didirikan pada tahun 2007, Lieff Global LLP, adalah sebuah firma hukum nasional di Amerika Serikat yang berkantor di San Francisco dan New York.
Karya inovatif Lieff Global ini telah membantu menetapkan teladan agar penduduk di negara-negara di luar Amerika dapat mengajukan klaim di Pengadilan Amerika dan mendapatkan ganti rugi dalam jumlah besar dari pabrik di Amerika berdasarkan kecelakaan pesawat terbang di luar negeri, termasuk dari Boeing Corporation. Sudah lebih dari tiga puluh tahun kami mewakili para korban luka-luka dan sanak keluarga korban tewas akibat kecelakaan pesawat terbang dalam mengajukan tuntutan hukum. Kami telah mewakili para warga Amerika maupun Eropa dan Asia dalam mengajukan tuntutan hukum terhadap maskapai penerbangan di seluruh dunia.
Learn more about the services we provide our clients. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi http://www.globalaviationlaw.com/index.htm mengenai keahlian firma kami dalam berbagai menangani kasus kecelakaan dunia penerbangan.
Lieff Cabraser Heimann & Bernstein, LLP is uniquely positioned to handle the complex area of aviation law. We have over thirty years of experience litigating airplane crash cases worldwide. We have relationships with the foremost experts in the field of aviation safety and disaster analysis.
Home | Our Firm | Our Offices | Submit Your Case
Current Cases | Accidents | Press | FAQ | Sitemap

WTO Hancurkan Swasembada Pangan Turki

Ahad, 23 November 2008 03:15

Jakarta, NU Online
Sebagaimana petani di dunia lainnya pertanian di Turki menghadapi malah besar yaitu harus berhadapan dengan perusahaan multinasional (MNC) yang dengan ekspansif memasuki sektor pertanian.

Mereka mendapatkan dukungan dana dari Bank Dunia dan IMF, sehingga dengan mudah menggusur pertanian sekala kecil dan menengah nasional. Demikian dikatakan oleh Abdullah Aysu Presiden Konfederasi Serikat Tani Turki kepada NU Online di sela konferensi petani sedunia di Mozambik Afrika bulan lalu.

Apalagi dengan adanya masuknya Turki dalam Uni Eropa terutama dengan kebijakan pasar bersama, maka dengan sendirinya sebagai negara yang kurang maju Turki hanya menjadi pasar bagi negara maju.

Sebaliknya, Turki belum bisa menjadikan negara Eropa khususnya Eropa Barat sebagai pasar dari produk pertanian mereka, karena dibatasi oleh kuota dan juga pembatasan lain atas nama standar mutu dan sebagainya.

”Bahkan 60 persen pupuk dan benih nasional dikuasai oleh perusahaan asing. Para petani harus mengeluarkan baya tinggi, sementara harga jual tidak naik, sehingga keuntungan yang diperoleh petani rendah,” paparnya.

Dengan sistem seperti itu kedaulatan pangan negeri itu menjadi merosot. Dulu Turki bisa swasembada gandum sebagai makanan pokok negeri kamal Attaturk itu, tetapi selama lima tahun terakhir ini kemandirian tidak ada mereka harus impor gandum besar-besaran dan ini menguras cadangan devisa, yang membuat Turki kalah bersaing dengan negara lain di Eropa khusunya.

Anehnya menurut aktivis yang berdarah Kurdi itu problem nasional ini tidak pernah menjadi perhatian serius partai politik yang ada, padahal selama masa kampanye mereka berjanji untuk membela rakyat, tetapi saat mendapatkan kursi mereka membuat berbagai undang-undang yang menguntungkan IMF dan WTO, sehingga rakyat yang menjadi korban.

Termasuk partai-partai Islam yang selama ini beroposisi. Kurangnya kepedulian pada rakyat itu yang membuat popularitas mereka juga turun.

“Padahal selama masa kampanye mereka selalu membawa jargon-jargon Islam, tetapi kenyataannya kebijakan politik partai-partai itu sangat jauh dari nilai-nilai Islam. Belum lagi para pejabat pemerintah dan pimpinan yang angat korup sehingga menguras dana sosial, terutama bagi kesejahteraan rakyat kecil,” katanya.

Bahkan menurut Abdullah yang telah lama aktif dalam serikat tani Turki itu, para elite partai semakin mengecewakan rakyat ketika mereka pada menjadi  konsultan perusahaan asing yang bercokol di negeri itu. Mereka hidup mewah, sehingga perusahan multinasional itu yang dibela, bukan rakyat. (mdz)

INOVASI TEKNOLOGI BUDIDAYA TANAMAN KAKAO DI LABORATORIUM AGRIBISNIS PRIMA TANI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Sudarto, I Made Wisnu W. dan Irianto Basuki

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB

ABSTRAK

Desa Genggelang merupakan desa terpilih untuk kegiatan laboratorium agribisnis Prima Tani 2007-2009 dengan agroekosistem lahan kering dataran rendah iklim basah mamiliki ketinggian tempat berkisar antara 5 sampai dengan lebih kurang 550 m dpl dengan topografi miring dan bergelombang. Perencanaan dan implementasi Prima Tani (Program Rintisan dan Akselerasi Pemasyarakatan Teknologi Inovasi Pertanian) memerlukan dukungan data dan informasi yang akurat dan lengkap, data dan informasi tersebut dikumpulkan melalui survey lapangan dengan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). PRA merupakan cara belajar dari dan dengan masyarakat untuk menemukan, menganalisis dan mengevaluasi kendala dan peluang untuk mengetahui dan memutuskan dengan tepat waktu pelaksanaan kegiatan. Dalam pelaksanaan PRA melibatkan peran serta masyarakat setempat seperti tokoh masyarakat, ketua kelompok tani, pedagang, aparat desa, PPL, kepala desa serta instansi terkait di Pemda dan peran BPTP NTB sebagai fasilitator. Hasil PRA dmenunjukkan bahwa beberapa tanaman terpilih berturut-turut kakao, kopi, jambu mete dan ternak kambing serta berbagai permasalahannya. Masalah yang dihadapi oleh petani dalam budidaya kakao adalah rendahnya produksi, harga biji kakao yang rendah, dan serangan hama penggerek buah kakao (PBK) Conoppomorpha cramerella (Snell.) dan penyakit busuk buah Phytophthora palmivora (Butl.). Inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain dengan rehabilitasi tanaman yaitu dengan cara sambung samping terhadap tanaman kakao yang tidak produktif, tumbuh kerdil/kurang sehat, pemangkasan produksi dan pengendaliah hama/penyakit.

Kata kunci : Prima tani, agribisnis, kakao

PENDAHULUAN

Perkembangan kakao di Indonesia dalam dua dasawarsa terakhir cukup luas, sampai pada tahun 1996 luas areal kakao mencapai 605.944 ha khususnya terjadi di perkebunan rakyat (Dirjen Perkebunan, 1997). Produksi kakao Indonesia diperkirakan mencapai 317.729 ton, kakao rakyat menyumbang 283.516 ton atau sekitar 75 % dari produksi nasional. Nusa Tenggara Barat dengan total areal perkebunan kakao seluas 3.394,47 ha produksinya mencapai 170,62 ton dan kabupaten Lombok Barat dengan luas areal 2.295,47 ha produksi yang dihasilkan mencapai 148,09 ton (BPS, 2005). Sedangkan di Desa Genggelang yang merupakan lokasi kegiatan Laboratorium Agribisnis Prima Tani kabupaten Lombok Barat, luas perkebunan kakao 957 ha dengan tingkat produktivitas hanya 7,5 kwintal/ha/tahun biji kering (Anonim, 2005; BPS,2005). Produksi tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan bahan tanaman klon-klon unggul yang dapat mencapai produksi di atas satu ton, seperti ICS 60 (1.500 kg/ha), hibrida (2.000 kg/ha) dan lain-lain (Anonim, 2003).

Asal mula pertanaman kakao adalah merupakan proyek dari Dinas Perkebunan Tk. I propinsi Nusa Tenggara Barat dan bahan tanam benih hibrida F 1, sehingga tanaman yang ada banyak dijumpai tidak seragam. Menurut Sri Winarsih dan Adi Prawoto (1998) perbanyakan tanaman kakao dengan biji secara fisiologis tidak menjamin keseragaman, produktivitas, dan mutu biji kakao. Selain itu pengelolaan tanaman kakao oleh petani juga sangat sederhana dari awal tanam sampai tanaman kakao menghasilkan, tanaman tidak dilakukan pemangkasan bentuk sehingga terlihat pertumbuhan tanaman cukup tinggi yaitu melebihi 5 meter, kanopi banyak yang saling bersinggungan sehingga kondisi kebun cukup lembab.

Salah satu kegiatan Departemen Pertanian yang dimulai oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian adalah Program Rintisan dan Akselerasi Pemasyarakatan Inovasi Teknologi Pertanian (Prima Tani). Aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, pertanian berkelanjutan dan melestarikan lingkungan. Berdasarkan prinsip, ciri dan tujuan Prima Tani tersebut maka berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh BPTP maupun Balit selanjutnya dapat mendukung, memperkuat penyebarluasan teknologi ditingkat petani untuk mengoptimalisasikan pengembangan agroindustri pedesaan dan sistem usahatani intensifikasi dan diversifikasi. Sasarannya adalah agar mampu meningkatkan nilai tambah produk dan pendapatan petani yang layak.

Bertitik tolak dari kondisi riil di atas maka usaha yang dapat dilakukan untuk memperoleh keseragaman, produktivitas dan mutu biji kakao adalah melalui inovasi teknologi budidaya pada tanaman yang produktivitasnya rendah dapat direhabilitasi menjadi tanaman klonal yang produktivitasnya tinggi melalui teknik sambung-samping, pemangkasan, dan pengendalian hama dan penyakit.

METODE

Kegiatan dilakukan di Desa Genggelang Kecamatan Gangga kabupaten Lombok Barat yang merupakan desa terpilih untuk kegiatan laboratorium agribisnis Prima Tani dengan zona agroekosistem lahan kering dataran rendah iklim basah. Perencanaan dan implementasi Prima Tani (Program Rintisan dan Akselerasi Pemasyarakatan Teknologi Inovasi Pertanian) memerlukan dukungan data, informasi yang akurat dan lengkap. Inventarisasi potensi sumberdaya meliputi : biofisik dan eksisting teknologi di lokasi kegiatan. Data dan informasi tersebut dikumpulkan melalui survey lapangan dengan metode Participatory Rural Appraisal/PRA (Bambang Irawan, dkk., 2005). PRA merupakan cara belajar dari dan dengan masyarakat untuk menemukan, menganalisis dan mengevaluasi kendala dan peluang untuk mengetahui dan memutuskan dengan tepat waktu dan pelaksanaan kegiatan. PRA dilaksanakan dengan teknik wawancara langsung dengan kelompok (focus discussion group) yang terdiri dari kelompok tani, tokoh masyarakat, PPL, aparat desa, kepala desa, kadus, tokoh agama, pedagang, dan instansi terkait Pemda dan peran BPTP NTB sebagai fasilitator. Dalam pelaksanaan PRA diperoleh tanaman terpilih oleh petani berturut-turut antara lain kakao, kopi, jambu mete, kacang tanah dan ternak kambing serta ranking masalahnya. Masalah yang diperoleh pada tanaman kakao antara lain produksi rendah, serangan hama dan penyakit serta harga yang rendah.

HASIL DAN PEMBASAHAN

A. Gambaran Wilayah

Desa Genggelang dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian bawah, tengah dan atas. Dusun-dusun yang terletak di bagian bawah atau di sebelah Utara yaitu: Sankukun, Sembaro, Karang Jurang, Kerakas, Kerurak. Dusun yang terletak di bagian Tengah yaitu: Gangga, Kerta Raharja, Gitak Demung, Penjor dan dusun yang terlatek di bagian atas yaitu: Monggal Atas, Monggal Bawah dan Paok Rempek. Dusun bagian bawah berada pada ketinggian antara 5 ≤ 200 m dpl, usaha tani yang diusahakan tanaman pangan; bagian tengah berada pada ketinggian antara 200 ≤300 m dpl dan bagian atas berada pada ketinggian > 300 m dpl. Dusun yang berada pada elevasi yang cukup tinggi adalah Desa Monggal Atas (± 550 m dpl) usaha tani yang diusahakan bagian tengah dan atas adalah tanaman perkebunan termasuk diantaranya tanaman kakao. Pada wilayah yang topografinya miring.

Jumlah penduduk Desa Genggelang pada tahun 2005 sebanyak 10.394 jiwa yang terdiri dari 2.410 kepala keluarga. Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin, yaitu terdiri dari laki-laki 5.129 jiwa dan perempuan 5.265 jiwa. Jumlah petani tanaman perkebunan 2.682 jiwa yang melibatkan 1.109 kepala keluarga atau 45,12% KK dan yang bermata pencaharian dari pertanian tanaman pangan sebanyak 1.524 jiwa yang melibatkan 630 rumah tangga atau 25,63% KK (Anonim, 2005).

Berdasarkan hasil analisis data seri hujan periode 1993-2006 di lokasi Prima Tani Desa Genggelang Kecamatan Gangga kabupaten Lombok Barat menunjukkan rata-rata curah hujan bulanan berkisar antara 7 – 407 mm/bulan, curah hujan tahunan sebanyak 1409 mm/tahun, jumlah hari hujan antara 0 – 11 hari per bulan, dan jumlah hari hujan tahunan sebanyak 48 hari (Anonim, 2007). Persyaratan tumbuh yang sesuai untuk tanaman kakao, jumlah curah hujan 1500 sampai dengan 2500 mm/tahun dengan bulan hujan (curah hujan <60 mm/bulan) kurang dari 3 bulan, suhu maksimum 30 – 32°C minimum 18 – 21°C (Adi Prawoto, et. al., 2006).

CURAH HUJAN DI DESA GENGGELANG

0

50

100

150

200

250

300

350

400

450

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

BULAN

CURAH HUJAN (mm/bulan)

CURAH HUJAN (mm/bulan)

HARI HUJAN DI DESA GENGGELANG

0

2

4

6

8

10

12

14

16

18

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

BULAN

HARI HUJAN (hari/bulan)

HARI HUJAN (hari/bulan)

Gambar 1. Distribusi Hujan dan Hari Hujan Bulanan di Desa Genggelang

Kondisi hujan mengindikasikan bahwa lokasi Prima Tani tergolong ke dalam zona agroklimat D-4 (Oldeman, 1980) dan tipe hujan E dengan puncak periode basah pada bulan Februari dan puncak periode kering pada bulan September. Kelembaban udara relatif berkisar 81% sepanjang tahun, dengan capaian nilai maksimum bulan Desember dan minimum terjadi bulan Mei dan suhu rerata tahunan berkisar 25,8°C.

B. Eksisting teknologi tanaman kakao

Usahatani dominan yang diusahakan penduduk Desa Genggelang adalah usahatani tanaman perkebunan tahunan. Jenis tanaman perkebunan yang diusahakan dan biasanya ditanam dalam bentuk kebun, antara lain: kakao, kopi, kelapa, mangga, cengkeh, pisang dan durian. Secara umum teknologi yang diterapkan petani dalam budidya tanaman tersebut masih sangat sederhana.

Umur tanaman kakao yang terdapat di Desa Genggelang sangat bervariasi yaitu berkisar antara 10-15 tahun dan bahkan pada beberapa kebun petani ada tanaman yang masih muda, berumur sekitar ± 2 tahun. Jenis tanaman kakao yang diusahakan adalah kakao rakyat atau biasa dikenal dengan kakao lindak (bulk cacao). Jarak tanam yang digunakan bervariasi yaitu antara 2,5 x 3 meter.

Kegiatan usahatani kakao yang dikerjakan petani saat ini terbatas hanya pada kegiatan pemeliharaan. Setiap tahun petani melakukan kegiatan pemangkasan, baik pemangkasan berat maupun ringan. Pemangkasan biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli sampai dengan akhir bulan Agustus. Pemangkasan dilakukan dengan cara memotong cabang-cabang yang overlap dan cabang/ranting yang tidak produktif atau ranting-ranting yang mati. Sebagian besar kegiatan ini dilakukan oleh orang laki-laki. Tujuan dilakukan pemangkasan, salah satunya, adalah untuk mengurangi kelembaban kebun. Dengan berkurangnya kelembaban pada kebun diharapkan dapat mengurangi perkembangan hama Cacao moth sp. atau yang biasa dikenal dengan hama penggerek buah kakao (PBK).

Hama penggerek buah kakao biasanya mulai menyerang pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret, dimana pada bulan-bulan tersebut tanaman sudah mulai berbuah. Petani dalam mengendalikan hama tersebut sudah menerapkan sistem kondomisasi pada buah kako yang masih muda yaitu dengan cara membungkus buah kakao dengan plastik. Tujuan dari komdomisasi ini adalah agar hama penggerek buah kakao tidak dapat menggerek buah dan larvanya tidak dapat masuk kedalam buah kakao.

Tidak seluruh kebun milik petani dibuatkan rorak disekitar barisan tanaman kakao. Terlihat daun-daun kakao yang rontok hanya dibersihkan bersamaan waktu kegiatan penyiangan. Daun-daun rontok yang mengering dan sisa-sisa tanaman hasil penyiangan oleh petani dikumpulkan pada suatu tempat untuk kemudian dibakar. Kegiatan penyiangan biasanya dilakukan pada awal musim penghujan yaitu pada bulan Nopember-Desember setiap tahunnya. Penyiangan tersebut kebanyakan dilakukan oleh laki-laki dan sedikit tenaga perempuan.

Pemupukan dilaksanakan setelah kegiatan penyiangan selesai dilakukan dengan cara membuat parit disekitar tanaman kemudian pupuk ditaburkan secara merata dan parit ditutup kembali dengan tanah, ada sebagian kecil petani yang melakukan pemupukan dengan kotoran sapi dan hal ini biasanya dilkakukan bagi mereka yang memiliki ternak sapi. Ternak sapi, kebanyakan oleh petani kalau siang hari ditambatkan pada tanaman kakao dan hal ini secara tidak langsung akan menambah bahan organik disekitar tanaman kakao, cuma sayangnya penambatan ternak sapi tersebut tidak dilakukan berpindah-pindah pada setiap tanaman sehingga hanya tanaman yang dipergunakan untuk tambatan ternak yang mendapat bahan organik. Pembuatan rorak hanya sebagian kecil petani yang melaksanakannya.

Tanaman kakao mulai berbunga pada pertengahan bulan Oktober sampai dengan bulan Nopember dan terjadi pembuahan pada bulan Desember. Sistem berbunga dari tanaman adalah sifatnya epigaes yaitu bunga dan buah menempel pada batang dan cabang-cabangnya, sehingga kegiatan kondomisasi pada buah kakao adalah tindakan yang paling efektif untuk mengendalikan hama penggerek buah kakao, selain cara-cara pengendalian yang lainnya. Karena bersifat epigaes, sehingga banyak kita temui buah-buah kakao sangat rendah posisinya dan dekat sekali dengan permukaan tanah.

Musim panen puncaknya (panen raya) pada bulan Maret sampai dengan bulan April. Panen raya dilakukan setiap minggu sekali dan panen biasa dilakukan 2 minggu sekali sepanjang hari setiap tahun. Hasil panen kakao langsung dilakukan pemecahan buah dan biji-biji tersebut dilakukan pemeraman dengan air semalam kemudian dilakukan penjemuran. Ada sebagian petani yang setelah melakukan pemecahan buah kakao langsung menjualnya dan ada pula yang melakukan penjemuran selama satu hari. Produksi yang dihasilkan rata-rata 700 kg/ha biji kering, harga biji kakao yang baru dikeluarkan dari kulit buah dan dijemur selama satu sebesar Rp. 3000,-sampai dengan Rp. 5000,- per kilogram. Petani dalam menjual biji kakao tidak dilakukan secara kelompok dan pedagang pengumpul (pengejos) mendatangi rumah-rumah petani.

C. Inovasi Teknologi Budidaya Kakao

Untuk meningkatkan produktivitas kakao, inovasi teknologi budidaya yang dapat dilakukan anatara lain : pemangkasan produksi, rehabilitasi kakao menjadi tanaman klonal, pengendalian hama dan penyakit.

1. Pemangkasan Produksi,

Kunci dari pangkas pemeliharaan adalah mempertahankan tanaman tetap sehat dan produksi tinggi, dilakukan pada tanaman menghasilkan (TM). Tujuannya untuk mempertahankan kerangka yang sudah terbentuk. Cabang yang dipangkas cabang sakit, cabang balik, cabang terlindung atau cabang yang melindungi, cabang yang masuk jauh kedalam tajuk tanaman disebelahnya. Frekuensi pangkasan 6-8 kali pertahun. Tunas air dibuang 2-4 minggu sekali.

Potong ranting/cabang

Sangat ternaungi, masuk jauh ketajuk tetangga, cabang yang menggantung, dan cabang yang sakit/patah, dan tunas-tunas air harus selalu dihilangkan.

Petik buah-buah yang sakit dan dibenamkan.

Dilakukan dengan sering dengan intensitas ringan (misal 2 bulan sekali).

Pangkas produksi dilakukan lebih berat dari pada pangkas pemeliharaan.

Diutamakan topping 3-4 meter.

Memicu flush, pembungaan dan pertumbuhan buah.

Jadwal pemangkasan tanaman kakao

Jan

Peb

Mar

Apr

Mei

Jun

Jul

Agt

Sep

Okt

Nop

Des

Produksi

Pemeliharaan

Wiwilan

2. Rehabilitasi Kakao Menjadi Tanaman Klonal,

Dalam rehabilitasi tanaman kakao menjadi tanaman klonal salah satunya dapat dilakukan dengan cara sambung-samping. Teknik sambung-samping hanya dilakukan pada tanaman kakao yang tidak produktif lagi dengan bahan entres klon-klon unggul.

Sambung-samping

Merupakan metode rehabilitasi tanaman yang masih sehat tetapi perlu direhabilitasi karena berbagai alasan.

Dilaksanakan pada musim hujan, saat tanaman tumbuh aktif.

Dilakukan pada batang bawah yang sehat, tumbuh aktif ditandai dengan kulit batang mudah dibuka.

Disiapkan batang atas (entres) klon-klon unggul anjuran yang jelas identitasnya.

Bahan entres berupa cabang plagiotrop berwarna hijau atau hijau kecoklatan yang daunnya telah menua, dengan diameter 0,75 – 1,50 cm.

Pelaksanaan Sambung Samping

a. Batang Bawah

Pada ketinggian 45 – 60 cm dari permukaan tanah, kulit batang ditoreh vertikal sepanjang 5 cm, jarak antar torehan 1 – 2 cm atau sama dengan diameter entres yang akan disisipkan. Tebalnya sayatan sampai mencapai kambium.

Di ujung atas torehan dipotong miring ke bawah sampai mencapai kambium, selanjutnya kulit diungkit apakah kulit mudah dibuka. Membukanya ”lidah” kulit nanti bersamaan dengan saat menyisipkan entres.

Sambung samping dapat dilakukan lebih dari satu tempat pada setiap pohon.


b. Entres

Entres disiapkan dengan cara memotongnya sepanjang 10 – 12 cm dengan 3 – 5 mata tunas.

Pangkal entres disayat miring sehingga diperoleh bentuk permukaan sayatan runcing seperti baji. Panjang sayatan 3 – 4 cm.

Untuk memperoleh tingkat keberhasilan tinggi, entres yang digunakan harus dalam keadaan segar.

c. Penutupan Entres dan Pengikatan

Entres perlahan-lahan disisipkan pada batang bawah. Sisi sayatan yang berbentuk seperti baji dletakkan menghadap batang bawah kemudian lidah” kulit ditutupkan kembali.

Entres dikerodong dengan kantong plastik dengan ukuran 18 x 8 cm kemudian diikat kuat dengan tali rafia. Pengiakatan harus cukup ertak sehingga air hujan tidak masuk ke luka sayatan.

Dapat juga entres ditutp dengan lembaran plastik kemudian diikat erat.

Lembar plastik ini minimum setengah keliling linkaran batang bawah.

Kunci keberhasilan sambung samping antara lain terletak pada sejauh mana entres terhindar dari dehidrasi dan luka sayatan terhindar dari air hujan.

Setelah 3 – 4 minggu dlakukan pengamatan, apabila entres tampak segar berarti sambungan jadi, sebaliknya jika entres kering atau busuk maka gagal.

Pada sambungan yang gagal, dapat dilakukan sambung ulang pada sisi yang berlawanan.

Setelah panjang tunas ±2 cm maka kantong plastik penutup entres dibuka dengan cara merobeknya tanpa melepas tali pengikatnya. Apabila digunakan lembaran plastik sebagai penutup, tali penutup entrs dilepas sedangkan tali yang mengikat bertautan tetap dipertahankan. Setelah tiga bulan dan entres sudah melekat erat, maka tali pengikat yang bertautan bisa dilepas.

d. Perawatan Tunas Baru

Secara teratur tunas-tunas air yang tumbuh dari batang bawah dibersihkan.

Tunas-tunas baru yang tumbuh diikatkan pada batang bawah agar tumbuh vertikal.

Tajuk batang bawah yan menutup tunas baru dipotong (disiwing).

Engendalian hama dan penyakit, dilakukan dengan penyemprotan pestisida secara teratur. Hama yang sering menyerang adalah Helopeltis spp, kutu putih, dan berbagai ulat pemakan daun. Penyakit yang sering menyerang adalah Colletotrichum sp.

Pangkasan bentuk tunas baru dilakukan dengan memotong ujung tunas primer ini pada jarak 60 cm dan memelihara 3 cabang sekunder. Pangkasan selanjutnya dengan memotong ujung-ujung cabang sekunder pada batas 30 cm dari tempat percabangan. Batang bawah baru dipotong total pada saat tunas baru sudah kuat dan mulai berbuah, yaitu ada umur 1,5 – 2 tahun pada jarak 20 – 50 cm diatas pertautan.

Perawatan rutin tetap dilakukan sesuai baku teknis seperti wiwilan, pemupukan, pengaturan pohon penaung dan pengendalian hama/penyakit.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit,

Hama yang dijumpai dan sering menyerang tanaman kakao di Desa Genggelang adalah adalah hama penggerek buah kakao (PBK) Conoppomorpha cramerella (Snell.) dan penyakit busuk buah Phytophthora palmivora (Butl.).

Pengendalian hama PBK dapat dilakukan dengan cara pemangkasan bentuk, membatasi tinggi tajuk tanaman maksimum 4 m untuk mempermudah pengendalian dan panen. Penyelubungan buah berukuran 8 – 10 cm dengan kantong plastik. Secara biologi dengan menggunakan semut hitam. Untuk meningkatkan populasi semut hitam, perlu membuat sarang dari lipatan daun kelapa atau daun kakao dan diletakkan di atas jorket.

Pengendalian penyakit busuk buah dapat dilakukan secara terpadu : sanitasi kebun yaitu memetik semua buah busuk kemudian membenam di dalam tanah sedalam 30 cm, kultur teknis yaitu dengan pengaturan pohon pelindung dan pemangkasan tanaman kakao sehingga kelembaban di dalam kebun turun serta penanaman klon tahan seperti DRC 16, Sca 6, Sca 12, ICS 6 dan lain-lain (Anonim, 2003).

KESIMPULAN

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

Desa Genggelang secaga geografis dibagi menjadi 3 bagian yaitu Dusun bagian bawah berada pada ketinggian antara 5 ≤ 200 m dpl, usaha tani yang diusahakan tanaman pangan; bagian tengah berada pada ketinggian antara 200 ≤300 m dpl dan bagian atas berada pada ketinggian > 300 m dpl. Dusun yang berada pada elevasi yang cukup tinggi adalah Desa Monggal Atas (± 550 m dpl) usaha tani yang diusahakan bagian tengah dan atas adalah tanaman perkebunan termasuk diantaranya tanaman kakao. Topografi miring dan bergelombang.

Berdasarkan hasil PRA diperoleh hasil tanaman terpilih kakao, kopi, jambu mete, kelapa dan ternak kambing. Masalah yang timbul pada tanaman kakao produksi rendah, sharga rendah dan serangan hama penggerek buah kakao (PBK) Conoppomorpha cramerella (Snell.) dan penyakit busuk buah Phytophthora palmivora (Butl.).

Berdasarkan hasil analisis data seri hujan periode 1993-2006 di lokasi Prima Tani Desa Genggelang Kecamatan Gangga kabupaten Lombok Barat menunjukkan rata-rata curah hujan bulanan berkisar antara 7 – 407 mm/bulan, curah hujan tahunan sebanyak 1409 mm/tahun, jumlah hari hujan antara 0 – 11 hari per bulan, dan jumlah hari hujan tahunan sebanyak 48 hari.

Untuk meningkatkan produktivitas kakao, inovasi teknologi budidaya yang dapat dilakukan anatara lain : pemangkasan produksi, rehabilitasi kakao menjadi tanaman klonal, pengendalian hama dan penyakit.

DAFTAR PUSTAKA

Adi Parwoto, Pudji Rahardjo, Soetanto Abdoellah, Sri Sukmanto S., Sri Winarsih, Bambang Odang M., Dedy Suhendi, Soekandar Wiryadiputra dan Sulistyowati. 2006. Pedoman Teknis Budidaya Tanaman Kakao (Theobroma cacao L). Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Jember.

Anonim. 2003. Pedoman Teknis Budidaya Tanaman Kakao (Theobroma cacao L). Pusat penelitian Kopi dan Kakao. Jember.

Anonim. 2005. Programa Penyuluhan Kecamatan Gangga. Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Barat. Nusa Tenggara Barat.

Anonim. 2005. Monografi Desa Genggelang Kecamatan Gangga kabupaten Lombok Barat. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat. NTB.

Anonim. 2007. Laporan Sementara Identifikasi dan Evaluasi Potensi Lahan Untuk Mendukung Prima Tani di Desa Genggelang Kecamatan Gangga kabupaten Lombok Barat. Nusa Tenggara Barat. Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Bogor.

BPS. 2005. Nusa Tenggara Barat Dalam Angka. Biro Pusat Statistik Propinsi NTB. Mataram.

BPS. 2005. Kecamatan Gangga Dalam Angka. Biro Pusat Statistik Propinsi NTB. Mataram.

Bambang Irawan, Agung Hendriadi, Zaenal Mahmud, Tri Pranadji, B. Susilo S. dan Sudjadi. 2005. Panduan Penyusunan Rancang Bangun Laboratorium Agribisnis. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perkebunan (1997). Statistik Perkebunan Indonesia 1995-1997: Kakao. Direktorat Jenderal Perkebunan. Jakarta. 58 p.

Sri Winarsih dan A. Adi Prawoto. 1998. Pedoman Teknis Sambung-Samping Kakao. Warta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. Volume 14 (1), Pebruari 1998. Jember. p: 90-96.

Oldeman,R.L., Irsal Las, and Muladi. 1980. The Agroclimate Maps Of Kalimatan, Maluku, Irian jaya, and Bali West and East Nusa Tenggara Contrib. No. 60. Centr. Res. Inst. Agrcr. Bogor.

Ringkasan
Perbanyakan bibit kakao secara okulasi dan sambung pucuk lazimnya dilakukan pada bibit umur 4-5 bulan sehingga perlu waktu 9-12 bulan untuk dapat dipindah ke kebun. Upaya memperpendek usia di pembibitan dengan tanpa mengurangi kualitas bibit, dapat ditempuh melalui klonalisasi lebih awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh klon, aplikasi pupuk daun dan pengikatan bahan entres terhadap keberhasilan sambung kakao pada bibit umur satu bulan. Penelitian dilaksanakan di KP. Kaliwining, 45 m dpl, tipe iklim D (Sehmidt & Ferguson) dengan rancangan acak kelompok faktorial. Perlakuan percobaan pertama faktorial 4 x 3 dan percobaan kedua faktorial 3 x 3 x 2 tiga ulangan. Faktor pertama percobaan pertama adalah klon, yaitu TSH 858, ICS 13, ICS 60. dan DR 2. Faktor kedua adalah pengikatan bahan entres sebelum digunakan, yaitu tanpa diikat, diikat 2 minggu, diikat 4 minggu. Faktor pertama percobaan kedua adalah klon, yaitu KW 162, KW 163, dan KW 165. Faktor kedua adalah pengikatan calon entres sebelum digunakan, yaitu tanpa diikat; diikat kawat 2 minggu; diikat kawat 4 minggu. Faktor ketiga adalah pemupukan calon entres, yaitu tanpa pupuk daun; dan dengan pupuk daun. Bibit batang bawah berupa semaian ICS 60 umur 30 hari, dan metode penyambungan adalah sambung pucuk di atas kotiledon. Variabel pengamatan meliputi persentase sambungan jadi, panjang tunas, diameter tunas, bobot basah dan bobot kering tunas, kandungan total C dan N bahan entres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengikatan bahan entres tidak efektif untuk Meningkatkan cadangan nutrisi sebab bahan entres secara periodik berlunas. Dampaknya bahwa pengaruhnya terhadap jumlah sambungan jadi serta pertumbuhan tunas baru, tidak nyata. Sampai umur satu bulan, jumlah sambungan jadi berkisar 90-100%, selanjutnya turun tajam sampai sekitar 30-60% tergantung pada klon yang digunakan. Jumlah sambungan jadi tertinggi dari percobaan pertama adalah DR 2 yaitu 62 % dan dari percobaan kedua klon KW 162 dengan aplikasi pupuk daun yakni 39%. Kematian bibit sambungan dimulai dari daun dan hasil isolasi menunjukkan terserang penyakit Rhizoctonia solani, Phytophthora serta Collectotrichum gloeosporioides. Dari kajian anatomi pertautan menunjukkan sambungan yang mati ditandai dengan pertautan yang lemah tersusun oleh sel-sel dan menimbulkan rongga ketika disayat, sementara pertautan yang sehat ditandai dengan akumulasi senyawa lignin dan tidak pecah ketika dipotong. Disimpulkan bahwa tempat pembibitan yang terpisah dari pertanaman tua, media yang steril penyakit tular tanah, entres yang sehat, pengikatan sambungan yang erat serta pencegahan dari serangan penyakit merupakan kunci yang penting untuk keberhasilan sambung dini kakao.